Maret 25, 2010

PANDUAN DASAR MEMBUAT BLOG

Anda apa kabar hari ini? Masih tetap semangat mau membuat blognya?
Okey, bagus dong. Klu gitu kita lanjutkan…
Setelah membaca artikel sebelumnya buat blog bagusan dimana?, saya yakin anda sudah punya sedikit gambaran tentang tips memilih layanan blog mana yang paling cocok untuk anda.
Untuk mengingatkan kembali, tentukan dulu tujuan utama blog, selanjutkan baru anda bisa memilih blog mana seharusnya yang anda gunakan, apakah blogger, wordpress, blogsome atau anda harus membeli domain sendiri. :)
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jika tujuan utama anda ingin membuat blog yang gratisan dan akan digunakan sebagai sumber penghasilan atau untuk mencari duit (mis: PPC, paid review, jualan link, dll). Ada baiknya anda pilih blogger, jangan wordpress karena blogger mengijinkan anda untuk memonitized blog tersebut seperti memasang iklan adsense, paid review, dll. Sedangkan blog wordpress tidak mengijinkan dipasang iklan kecuali blog dengan domain sendiri dan hosting berbayar. Saya kira hal ini sudah cukup jelas.

Mudah-mudahan penjelasan berikut bisa memberi gambaran bagaimana langkah-langkah ngeblog yang akan kita lewatkan beberapa waktu kedepan. Sederhana memang.
Tujuan ngeblog  –> pilih topik utama blog –> pilih layanan blog –> membuat blog –> update blog –> evaluasi blog dan inovasi

Okey…kita perjelas lagi.

  • Tujuan ngeblog; apa tujuan utama anda membuat blog, saya kira langkah ini penting untuk kelangsungan kedepan blog anda.
  • Pilih topik utama blog; Pilih topik blog sesuai dengan hobby, minat atau pengetahuan anda, ini merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia blog. Setelah topik utama blog ada jangan lupa untuk membuat batasan topik blog yang akan dibuat, tujuannya agar nantinya anda bisa tetap fokus terhadap topik utama blog tersebut.
  • Membuat blog; disini akan dibahas dasar-dasar membuat blog seperti ==> Memilih template; anda bisa memanfaatkan template blog gratisan yang banyak bertebaran di internet, jangan kuatir walaupun gratisan tetapi kualitasnya juga bagus. Tapi klu mau buat template sendiri juga lebih bagus, bisa anda sesuaikan dengan selera sendiri. ==> Setup blog; ada beberapa pengaturan dasar yang cukup penting untuk dilakukan agar blog bisa lebih optimal, pengaturan tampilan, widget blog, dll. Kedepan akan saya jelaskan lebih detail, tunggu saja tanggal mainnya. :D ==>Posting blog; diantara semua hal dalam dunia blog, posting blog (artikel) adalah hal yang paling penting karena blog tanpa posting pasti nggak ada artinya. Kedepan akan dijelaskan tentang posting, menulis posting, hapus posting, menulis posting yang seo friendly, dll
  • Update blog; hal ini lanjutan dari posting blog, salah satu ciri khas dari blog itu adalah posting yang selalu terupdate. Hal ini penting untuk kelangsungan hidup blog anda sendiri, selain untuk kepenting pengunjung update posting juga sangat penting untuk mesin pencari (akan dijelaskan lebih lanjut).
  • Evaluasi blog dan inovasi; setelah anda melewati tahap-tahap diatas, sebaiknya anda lakukan evaluasi terhadap blog minimal 2x dalam sebulan. Tujuannya jelas agar anda bisa mengetahui kelemahan dan kekuatan blog tersebut. Jika ternyata masih banyak kelemahan, lakukan perbaikan, jika perlu lakukan perombakan secara besar-besaran. Topik blog ternyata tidak sesuai dengan anda, sebelum berjalan terlalu jauh sebaiknya anda ganti saja topik utama blog anda.
Setelah anda memahami langkah-langkah membuat blog secara umum, saya yakin anda sudah siap untuk “action”.
Tunggu apa lagi, klik disini untuk ==> membuat blog di blogger, membuat blog wordpress, membuat blog di co.cc

by Facebook Comment Read more at: http://asyariel.blogspot.com/2011/10/cara-memasang-kotak-komentar-facebook.html Copyright @ http://asyariel.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution


0 comments:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP